Apel Luar Biasa Peringatan Hari Anti Korupsi

Kualanamu, (13/12/2018) Bea Cukai Kualanamu melangsungkan Apel Luar Biasa dalam rangka memperingati hari anti korupsi sedunia. Bertempat di Lapangan Apel Beacukai kualanamu yang mana tema untuk apel pada tahun 2018 adalah “Menuju Bea Cukai Bebas dari Korupsi”. Acara dimulai dengan pembacaan sikap dasar pegawai DJBC. Dilanjutkan penyampaian amanat oleh pembina apel, Bagus Nugroho Tamtomo Putro, Kepala Kantor Bea Cukai Kualanamu.

Bagus, menyampaikan amanat yang juga disampaikan oleh Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, pada Apel Luar Biasa di Kantor Pusat DJBC (11/12). Beliau menyampaikan upaya pemberantasan korupsi masih belum maksimal, diantaranya karena masih minimnya peran aktif masyarakat dan pegawai pada instansi pemerintah dalam melakukan pengawasan.

Penindakan korupsi oleh aparat penegak hukum memang penting, namun yang lebih penting adalah upaya-upaya pencegahan korupsi, yang dimulai dari peran dan dukungan pegawai dilingkungan Kementerian Keuangan pada umumnya dan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai pada khususnya.

Bagus, juga mengingatkan reformasi dalam penyederhanaan prosedur, edukasi masyarakat dan pelayanan yang transparan dan akuntabel terus dilaksanakan oleh jajaran Bea Cukai. Tugas kitalah untuk menciptakan sistem pelayanan yang jelas, ringkas, mudah dan murah. Karena legal itu mudah, berikan kesempatan pada pelaku usaha bahwa legal itu mudah dan tidak memberikan gratifikasi kepada pebawai Bea Cukai

Acara ini diharapkan bukan hanya bersifat seremonial tetapi untuk mewujudkan kesadaran, tekad dan keinginan untuk menghilangakan korupsi dan gratifikasi sehingga menjadi institusi bersih yang memberikan sumbangsih pada kesejahteraan masyarakat. Bea Cukai harus terus menyalakan api semangat integritas dan profesionalitas dalam bekerja. Mari kita bekerja menuju Bea Cukai yang bebas dari korupsi.

 

nif

Share this Post:

Berita Terkait