Bea Cukai Kualanamu Gelar Internalisasi Bertajuk Integritas Pegawai

KUALANAMU (13/12) Bea Cukai Kualanamu menggelar kegiatan Internalisasi dalam Rangka Hari Anti Korupsi (HAKORDIA), Kamis (14/12) di Aula Cakrawala KPPBC TMP B Kualanamu. Kegiatan internalisasi tersebut mengangkat tema Integritas Pegawai. Sebanyak 54 pegawai ikut ambil bagian dalam acara yang merupakan tindaklanjut dari Instruksi Direktur Jenderal Bea dan Cukai Nomor INS-02/bc/2018 tentang Kegiatan Hari Anti Korupsi tahun 2018 di lingkungan Direktur Jenderal Bea dan Cukai. Kepala Bea Cukai Kualanamu Bagus Nugroho Tamtomo Putro membuka kegiatan tersebut dengan memberikan sambutan. Ia berpesan agar para pegawai bisa menghidupkan nilai integritas dan beranjak dari level internalisasi.

"Ketika kita berbicara integritas, maka tidak lepas dari Nilai-nilai Kementerian Keuangan. Integritas sebagai fondasi dari seluruh Nilai Kementerian Keuangan," ujarnya.

Lebih lanjut, ia mengingatkan bahwa integritas tidak cukup sekadar dipahami. Integritas, kata dia, pun tidak hanya dilakukan untuk mendapat sertifikat Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi. Namun, integritas harus menjadi niat suci setiap pegawai.

Kepala Kepatuhan Internal (KI) Ike Irawati Nasution menjadi pemateri di kegiatan internalisasi tersebut. Ia memaparkan pengarahan Direktur Jenderal Bea dan Cukai di antaranya pencapaian selama 1,5 tahun penerapan PIBT, seperti olahraga pegawai, hobi bernyanyi, masjid dan gereja penuh, dan pola hidup.

Para Kepala Subseksi di KI memaparkan materi tentang gratifikasi, Benturan Kepentingan, dan SMIP

Di penghujung acara, pemahaman materi para peserta diuji dengan kuis yang dibawakan dengan Kahoot.

Share this Post:

Berita Terkait