Bea Cukai Kualanamu Bekali Generasi Muda Demi SDM Unggul Indonesia Maju

Kualanamu (14/08) – Sebagai bentuk edukasi tentang kepabeanan dan cukai kepada generasi muda, Bea Cukai Kualanamu mengadakan kegiatan Customs Goes To School (CGTS) ke SMA Negeri 1 Lubuk Pakam pada Selasa (13/08/2019) di Lubuk Pakam, Sumatera Utara. Dalam rangka menyambut kemerdekaan Indonesia yang ke 74 acara ini mengusung tema “SDM Unggul Indonesia Maju”. Peserta terdiri dari guru dan perwakilan  siswa-siswi kelas XII di sekolah tersebut. Bea Cukai Kualanamu sendiri diwakili oleh unit Penyuluhan dan Layanan Informasi, unit Pengawasan, mahasiswa Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN yang sedang melaksanakan praktik kerja lapangan dan juga unit K9 Bea Cukai Sumatera Utara. Lokasi kunjungan dipilih berdasarkan wilayah terdekat dari Bea Cukai Kualanamu.

“Mudah-mudahan pertemuan kita hari ini memberikan manfaat dan motivasi yang luar biasa untuk belajar lebih baik, berjuang lebih baik untuk kejayaan negeri yang kita cintai,” sebut Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Lubuk Pakam Ramli Siregar saat menyampaikan kata sambutan di pembukaan acara. Kepala Sekolah juga berharap semoga kegiatan seperti ini juga bisa diadakan di sekolah-sekolah yang berada di sekitar Bandara Kualanamu.

Dalam kegiatan yang digelar, para siswa diperkenalkan dengan tugas dan fungsi utama Bea dan Cukai yang merupakan garda terdepan dalam mengawasi arus keluar masuk barang dari dan ke dalam wilayah Indonesia. Pemberian materi disampaikan oleh Kepala Seksi Layanan Informasi yaitu Rahmat Priyandoko mengenai tugas pokok dan fungsi Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, Kepala Sub Seksi Layanan Informasi yaitu Ardyaningsih mengenai Penipuan Modus Belanja Online, dan Kepala Sub Seksi Penindakan Eko Fahruli mengenai bahaya dan penyalahgunaan Narkoba.

 “Kami sosialisasikan seperti ini terkait tugas fungsi dan juga prestasi supaya masyarakat itu paham dan kenal fungsi Bea Cukai, ternyata Bea Cukai itu bertugas untuk kepentingan bangsa dan negara,”  jelas Kepala Seksi Layanan Informasi Rahmat Priyandoko saat menyampaikan materi.

Setelah penyampaian materi, acara dilanjutkan dengan ice breaking berupa kuis Ranking 1 dengan beberapa pertanyaan yang disampaikan oleh Tim CGTS. Dimana berhasil mendorong generasi muda untuk berkompetitif dalam mengerjakan soal dari materi yang telah disampaikan, dan juga antusiasme terhadap kegiatan Customs Goes To School. Pada kesempatan ini juga diberikan pengenalan singkat tentang PKN STAN serta mendorong para siswa untuk terus semangat belajar demi meraih cita-cita. Di penghujung acara diadakan pameran simulasi pelacakan oleh unit K-9 untuk menunjukkan bagaimana pencarian narkotika terhadap penumpang dan barang bawaan penumpang.

Acara Customs Goes To School diharapkan dapat menjadi sarana bagi institusi Bea dan Cukai dalam memberikan pemahaman terkait kepabeanan dan cukai kepada generasi muda Indonesia. Selain sebagai kegiatan edukasi kegiatan CGTS juga menjadi ajang motivasi kepada generasi muda khususnya pelajar demi mewujudkan sumber daya manusia yang unggul demi Indonesia yang lebih maju.

Share this Post:

Berita Terkait